PENGARUH PERAN DUTA MEREK, CITRA PRODUK , DAN FAKTOR KEPERCAYAAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK SCARLETT
DOI:
https://doi.org/10.0120/jkb.v3i3.415Keywords:
Brand Ambassador, Brand Image, CredibilityAbstract
Salah satu sektor bisnis di Indonesia yang kini mulai berkembang pesat adalah industri kosmetik. Studi berikut tujuannya gunamenganalisis “pengaruh brand ambassador, brand image, dan credibility terhadap keputusan pembelian produk Scarlett di Topshop Kota Bandar Lampung” baik secara individu maupun kolektif. Metodologi penelitian menggunakan rumus Lemeshow untuk penentuan sampel dengan total responden sebanyak 97 orang. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian di analisis secara kuantitatif. Perolehan studi membuktikkan bahwasannya: (1) Brand ambassador mempunyai dampak signifikan sebesar 45,6% terhadap keputusan pembelian produk Scarlett; (2) Brand image berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 39,3%; (3) Credibilitymemberikan pengaruh signifikan sebesar 32,8%; (4) Ketiga variabel tersebut secara simultan memberi dampak signifikan pada keputusan pembelian produk Scarlett di Topshop Kota Bandar Lampung dengan kontribusi total sebesar 60,1%.
Downloads
References
Airine, Therezia. 2010. Analisis Perilaku Konsumen Sayuran Organik (Study Kasus: Giant Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor, 48–49, Diakses tanggal 17 September 2024, pukul 22:WIB.
Anggita, Dian Setyani dan Rokh Eddy Prabowo, 2020 Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas (Studi di Toko Original Sportcenter cabang menoho Semarang) Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Diakses tanggal 17 September 2024, pukul 22:WIB.
Desi, Derina Yusda, 2020, Pengaruh Atribut Credibility dan Attractiveness Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunsilk Clean & fresh pada Konsumen Wanita di Bandar Lampung, Jurnal manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas lampung, Diakses tanggal 17 September 2024, pukul 22:WIB.
Dhavya, Azhaar Yasmine, 2023, Pengaruh Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening, Jurnal Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas pakuan Bogor, Diakses tanggal 17 September 2024, pukul 22:WIB.
Ekawati, Rahayu Ningsih, 2020, Perilaku Konsumen, Kudus: Media Interprise Farida, Jasfar, 2019, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia.
Firmansyah, M.A, 2019, Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). 1 st edn.
Jakarta: Cv. Qiara Media.
Joan, V., 2022, „Produk Kecantikan Tembus Transaksi Rp210 Miliar, Brand Lokal Terfavorit‟,
Compas, 24 November. Available at: https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan, Diakses tanggal 17 September 2024, pukul 22:WIB.
Keller, K. L., & Swaminathan, V. 2020. Strategic Brand Management Building,. Measuring, and Managing Brand Equity (Fifth Edition) Alih Bahasa. Jakarta: Pearson.
Kerin, R. A., & Hartley, S. W. 2022. Marketing (Alih Bahasa). New York: McGraw-Hill. Kotler P dan Keller, 2017. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillp, 2021. Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV Budi Utama. Manullang, 2018, Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan. Aplikasi. Bandung: Alfabeta, Jakarta: Ghalia.
Mutiah, T. et al. 2021„Pengaruh Brand Ambasador Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Di Mahasiswa Ubsi Kelas 44.3B‟, Jurnal Akrab Juara, 6(5), pp. 148–158, Diakses tanggal 17 September 2024.
Rifyal, Dahlawi Chalil dan dkk, 2020, Peran Strategi Merek dalamMenciptakan Daya Saing Industri dan Bisnis Global, Depok: Rajawali Pers.
Sangadji dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi Offset.
Sari, D.C. et al, 2021. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Media Sains Indonesia.
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R dan D. Bandung: Alfabeta. Warnadi dan Aris Triyono, 2019, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Depublish.
Warsito, C., Solikhin, I. and Farhah, N.U, 2022, Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Terhadap Jasa Ojek Online. Jakarta: CV Literasi Nusantara Abadi
Wulandari, A., & Sampouw, C. P. 2020. Proses Pengambilan Keputusan dalam Situs Belanja Online “Shopee” sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumen. JCommsci- Journal of Media and Communication Science, 3 (2), Diakses tanggal 17 September 2024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yessi Indri Ani, Hartono Hartono, Prasetya Nugeraha Prasetya Nugeraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk ceramah dan buku,Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebutHak untuk masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini