ANALISIS KEPUTUSAN DALAM PEMBELIAN TERPENGARUH DARI BRAND AMBASSADOR DAN PERSEPSI HARGA PADA KONSUMEN SCARLETT WHITENING

Authors

  • Gadah Uli Mazza Vera Universitas Lampung
  • Dadang Karya Bakti
  • Prasetya Nugeraha

DOI:

https://doi.org/10.0120/jkb.v3i3.430

Keywords:

Brand Ambassador, Price Perception, Purchasing Decision, Scarlett Whitening, Bandar Lampung

Abstract

Tujuan dilakukannya riset ini adalah ingin melihat seberapa besar variabel keputusan pembelian dipengaruhi faktor brand ambassador maupun persepsi harga studi fokus kepada konsumen Scarlett Whitening di Bandar Lampung. Pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian explanatory research dipilih untuk digunakan pada penelitian. Populasi pada penelitian melibatakan responden berjumlah 100 orang yang diambil dari masyarakat Bandar Lampung dengan masalah kulit kusam dan merupakan pengguna produk Scarlett Whitening. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling dalam hal ini merupakan masyarakat khusus domisili Bandar Lampung. pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan memakai Google Form khusus kepada masyarakat yang berdomisili Bandar Lampung secara daring melalui berbagai aplikasi sosial yaitu Instagram dan WhatsApp. Teknik analisis memakai beberapa uji terdiri dari uji terhadap validitas, uji tingkat reliabilitas, regresi linier berganda, uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji koefisien determinasi (R2) yang dilakukan memakai program perhitungan SPSS 26 (Statistical Package for Social Science). Hasil pada riset ini bahwa keputusan pembelian Scarlett Whitening di Bandar Lampung telah dipengaruhi positif dan signifikan baik persial maupun simultan oleh brand ambassador dan persepsi harga. Sedangkan nilai R-square 0,507 yang berarti Brand Amabassador dan Persepsi Harga berpengaruh signifikan sebesar 50,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afwan, M. T., & Santosa, S. B. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (studi pada konsumen mebel madina di kota banjarnegara). Diponegoro Journal of Management, 9(2).

Frendy. (2011). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Jannah, R., Mardini, Y., Al-Mubarak, M. A. R., & Zaini, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Dalam Membeli Produk Kosmetik. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 3(2), 27–32. https://doi.org/10.24929/missy.v3i2.2263

Joan, Valerie. (2022). Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 M, Scarlett Terfavorit. Diambil dari https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh brand ambassador dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113-126.

Mayanfa'uni Al Ilhami, S., & Hendrastomo, G. (2020). Perawatan kulit wajah sebagai gaya hidup laki-laki. E-Societas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(3).

Miftahurrohmah, A., & Mulyanti, K. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic (Studi Pada Remaja Milenial Pengguna Nature Republic Di Jakarta Timur). Jurnal Manifest, 4(02), 288-301.

Puspita, A. D., Desrianti, D., Amania, N. A., & Permana, E. (2023). Strategi pemasaran digital scarlett whitening. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(2), 180-187.

Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan brand ambassador pada pengambilan keputusan konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59-72.

Rangian, M. C., Wenas, R. S., & Lintong, D. C. A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ms Glow Skincare Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 284. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41948

Sari, T. L., Rahmiati, R., & Astuti, M. (2018). Tinjauan terhadap perawatan kulit wajah wanita usia produktif di kelurahan benai taluk kuantan. Journal of Home Economics and Tourism, 14(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Tannady, H., Sjahruddin, H., Saleh, I., Renwarin, J. M. ., & Nuryana, A. (2022). Role of Product Innovation and Brand Image Toward Customer Interest and Its Implication on Electronic Products Purchase Decision. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 9(2), 93. https://doi.org/10.36262/widyakala.v9i2.620

Ulum, M. (2023). Application of Sharia Principles and Consumer Interest in Sharia Hotels. Miftah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.61231/miftah.v1i1.69

Wirasari, I. (2016). Kajian kecantikan kaum perempuan dalam iklan. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 146-156.

ZAP Clinic. (2023). ZAP Beauty Index 2023 (File PDF). Halaman 15. Diambil dari https://zapclinic.com/files/ZAP_Beauty_Index_2023.pdf.

Published

2025-10-03