POLA KEPUTUSAN PEMBELIAN REMAJA PUTRI MEMBELI KOSMETIK DI RITEL YANG DIPENGARUHI OLEH SUASANA TOKO, KEPERCAYAAN MEREK DAN AKSESIBILITAS LOKASI
DOI:
https://doi.org/10.0120/jkb.v3i2.410Keywords:
Suasana Toko, Aksesibilitas Lokasi, Kepercayaan Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh suasana toko, kepercayaan merek, dan aksesibilitas lokasi terhadap keputusan pembelian kosmetik oleh remaja putri di toko ritel Sociolla di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan objek penelitiannya yaitu remaja putri yang berbelanja di sociolla. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner yang disebarkan sebanyak 100 responden. Data dianalisis secara statistik desktriptif dan analisis PLS-SEM menggunakan software SmartPLS 4.1.0.9. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji outer model, inner model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa suasana toko tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian remaja putri di toko ritel Sociolla, kepercayaan merek tidak berpengaruh signifikan terhadap kpeutusan pembelian remaja putri di toko ritel sociolla, aksesibilitas lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian remaja putri di toko ritel Sociolla, dan suasana toko, kepercayaan merek dan aksesibilitas lokasi secara simultan berpengaruh signifikan.
Downloads
References
Baharudin, K., Farid Shamsudin, M., Bilal Basha, M., Saida, K., & Kadir, B. (2020). A Study on The Buying Behavior of Consumers Toward Cosmetic Products in Large Retail Outlets with Special Reference to Chennai City. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(June 2021), 2020. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I7/PR270414
Barros, L. B. L., Petroll, M. de L. M., Damacena, C., & Knoppe, M. (2019). Store atmosphere and impulse: a cross-cultural study. International Journal of Retail and Distribution Management, 47(8), 817–835. https://doi.org/10.1108/IJRDM-09-2018-0209
El-Geneidy, A., Levinson, D., Diab, E., Boisjoly, G., Verbich, D., & Loong, C. (2016). The cost of equity: Assessing transit accessibility and social disparity using total travel cost. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 91, 302–316. https://doi.org/10.1016/j.tra.2016.07.003
Hoang, T., & Vu, N. (2022). Cosmetic Consumption Trends of Vietnamese Young People-a Case Study of High School and University Students in Hanoi. Int. J. Business Management, 05(08), 35–46.
Järv, O., Tenkanen, H., Salonen, M., Ahas, R., & Toivonen, T. (2018). Dynamic cities: Location-based accessibility modelling as a function of time. Applied Geography, 95(November 2017), 101–110. https://doi.org/10.1016/j.apgeog.2018.04.009
Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management. In Journal of Marketing (Vol. 37, Issue 1). https://doi.org/10.2307/1250781
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Maghfiroh, B. P., Wijayanti, R. F., & Samboro, J. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Produk Ms Glow di Kota Lamongan. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 4089–4099.
Novansa, Hafizh, H. A. (2017). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8), 621–632. https://doi.org/10.21276/sjhss
Öner, Ö. (2017). Retail city: the relationship between place attractiveness and accessibility to shops. Spatial Economic Analysis, 12(1), 72–91.
Reza Aulia, M., Ismail, A., Indriyani, S., & Arief, I. (2023). The Influence of Social Media, Location, Service Quality and Store Atmosphere on Purchase Decision of Coffee Café Customers. Ilham Arief INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 11111–11118.
Rudzewicz, A., & Strychalska-Rudzewicz, A. (2021). The Influence of Brand Trust on Consumer Loyalty. European Research Studies Journal, XXIV(Special Issue 3), 454–470. https://doi.org/10.35808/ersj/2439
Uzunok, B. (2022). The Influence of Packaging on the Consumer Purchasing Decision Focusing on the Cosmetic Industry in Ireland.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yessa Gunawan, Suprihatin Ali, Prasetya Nugeraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk ceramah dan buku,Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebutHak untuk masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini