ANALISIS FAKTOR KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA PADA MINAT BELI ULANG SPOTIFY PREMIUM: PERAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Audysza Witri Shafwah Universitas Lampung
  • Hartono Hartono Universitas Lampung
  • Prasetya Nugeraha

DOI:

https://doi.org/10.0120/jkb.v3i2.412

Keywords:

Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen, Minat Beli Ulang, Spotify Premium

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara kualitas layanan dan persepsi harga terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian ulang layanan Spotify Premium, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel yang memediasi hubungan tersebut. Dengan pendekatan kuantitatif berbasis explanatory research, penelitian ini melibatkan 97 responden dari generasi Z di Bandar Lampung yang merupakan pengguna aktif Spotify Premium. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis mengungkapkan bahwa kualitas layanan serta persepsi harga berkontribusi secara positif terhadap kepuasan konsumen. Lebih lanjut, kepuasan konsumen terbukti memiliki dampak positif terhadap kecenderungan untuk melakukan pembelian ulang. Sementara persepsi harga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap minat beli ulang, kualitas layanan justru tidak menunjukkan pengaruh langsung yang berarti. Namun, kualitas layanan tetap berkontribusi secara tidak langsung terhadap minat beli ulang melalui mediasi kepuasan konsumen. Demikian pula, persepsi harga tidak hanya berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian ulang, tetapi juga memperkuat efek tersebut melalui kepuasan konsumen. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi penyedia layanan musik streaming dalam mengoptimalkan strategi retensi pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan serta menerapkan kebijakan harga yang lebih efektif dan sesuai dengan harapan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajis, J. (2020). Pengaruh Electronic Service Quality, Dan Price Perception Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Premium Spotify (Studi Pada Pengguna Aplikasi Spotify Di Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(3), 14-14

Andria & Delfi. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Damayanti, R. W., & Handayani, M. (2023). Pengaruh live streaming terhadap customer churn pada TikTok Shop: A stimulus-organism-response framework. Strata Business Review, 1(2), 222–230.

Delliana, S., Pratiwi, E., Wasana, F. W., & Sari, E. K. (2024). Vibes Chill di Perpus: Spotify sebagai Healing Digital untuk Gen Z. Media Informasi, 33(2), 170-180.

Fadilah, M. N., Indriwan, N., Khoirunnisa, N., & Mulyantini, S. (2022). Review faktor penentu keputusan investasi pada generasi Z & milenial. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 17–29.

Faulina, A., Surya Dewi, R., & Arif, E. (2021). Fenomena online shopping sebagai gaya hidup dan strategi pemberdayaan ekonomi umat Islam di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(1), 46–59.

Hawkins, D.I., & Mothersbaugh, D.L. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy.

11th edition. McGraw-Hill, Irwin.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25-32.

Laela, E. (2021). Kualitas makanan, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap minat pembelian ulang pada rumah makan ciganea purwakarta. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1).

Monroe, K. B. (2002). Pricing: Making profitable decisions (3rd ed.). McGraw-Hill.

Mutakamilah, M., Wijoyo, E. B., Yoyoh, I., & ... (2021). Pengaruh Terapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Selama Proses Penyusunan Tugas Akhir: Literature Review. Jurnal Berita Ilmu, 14(2), 120–132.

Nurmalia, G., Mutiasari Nur Wulan, & Zathu Restie Utamie. (2024). Gaya hidup berbasis digital dan perilaku konsumtif pada Gen Z di Bandar Lampung: Keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 3(01), 22–32.

Pradana, W. D., & Bantam, D. J. (2023). Anteseden dan konsekuensi kepercayaan generasi Z kepada pemimpinnya dalam lingkungan kerja virtual. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Akuntansi (JEBISMA), 1(2).

Putri, A. D., & Rahmah, E. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Instrumen Musik di Perpustakaan Universitas Bung Hatta dalam Kenyamanan Membaca. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 27.

Putri, R., Sumardi, M. S., & Nugraha, M. I. (2022). Selected Factors Students' Stress in Learning English: A Case Study of English Study Program. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1410–1415.

Safitri, K., & Sukmana, Y. (2023). Perbedaan perilaku belanja online: Gen Z FOMO, milenial lebih stabil. Kompas.Com.

Sari, W. P., & Pradana, W. D. (2024). The influence of work environment and work discipline on the performance of employees of PDAM Madiun Regency. Journal of Agriprecision & Social Impact, 1(2).

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10).

Shaleha, R. R. A. (2019). Do Re Mi: Psikologi, Musik, dan Budaya. Buletin Psikologi, 27(1), 43-51. Solomon, M. (2017). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson

Education.

Spotify. (2024). Company Info. Spotify.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Syahlita, N. G., Pradana, W. D., Jenderal, U., & Yani, A. (2024). Pengaruh Perceived Value dan

Harga terhadap Minat Belangganan Spotify Premium yang Dimoderasi Oleh Usia Pengguna. Jurnal, 4.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2008). Service management: Mewujudkan layanan prima.

Yogyakarta: Andi.

Yanti, Y., Ginting, M., Elvera, E., Yuliany, N., & Mico, S. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Minat Beli Ulang Terhadap Spotify Premium Di Indonesia. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(2), 551-564.

Yuniartha, L. (2023). Gen Z dan Millenial Dominasi Pengguna Spotify di Indonesia.

Katadata.co.id.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2003). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (3rd ed.). McGraw-Hill.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Published

2025-06-11