RELATIONSHIP MARKETING: STUDI TENTANG PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Ega Citra Septiana Universitas Lampung
  • Suprihatin Ali
  • Fanny Saptiani

DOI:

https://doi.org/10.0120/jkb.v3i3.196

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Loyalitas Konsumen, Kepuasan

Abstract

ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga
terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah convidience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100
pelanggan, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis data
menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) yang dibantu dengan alat Partial
Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh
positif secara signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel
intervening. Persepsi harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan
melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening, kepuasan konsumen sebagai variabel
intervening tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh
positif secara signifikan terhadap loyalitas konsumen dan persepsi harga berpengaruh positif
secara signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David A. 1997. Managing Brand Equity. New York: The Free Pressv

Abdurrahman, Hilman. 2019.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel PT.Wijaya Toyota

A.Yani Bandung.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembilan.

Alfabeth: Bandung.

Aziz, Abdul. 2019.Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Harga dan Kualitas

Produk terhadap Kepuasan Konsumen serta dampaknya pada Loyalitas (Studi pada

konsumen online Male.id)

Brown, Stanley A. 2008. Customer Relationship Management StrategiImperative In The

World Of E-Business. Canada: Jhon Wiley & Sons, Inc

Cendriono, Nanang., dan Ardiana, Titin Eka. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Pembelian Ulang Dawet Jabung yang Dilihat dari Kepuasan Pelanggan sebagai

Variabel Mediasi.Jurnal Akuntansi dan Pajak, 18(02), 2018, 190.

Egan, John. 2011. Relationship Marketing Exploring Relational Strategies in Marketing

Foruth Edition. London: Pearson Education Limited.

Etta, Sangadji M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Pelanggan Pendekatan Praktis Disertai Ilmu

Manajemen. Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: AnOffset.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It. Alih bahasa:Benyamin

Molan. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi5. Semarang:

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan. 2008. Marketing Edisi Pertama. Yogyakarta: Madpres

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ke-12. Penerjemah

Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas. Jakarta:

Erlangga

Novia, Nelly. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap

Loyalitas Pelanggan Pada Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri.JIMEK. Volume 2. Nomor

1

Ega Citra Septiana, Ali Suprihatin, Fenny Saptiani | 317

Relationship Marketing: Studi Tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap

Loyalitaskonsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Nuridin. 2018.Effect of Service Quality and Quality of Products to Customer loyalty with

Customer Satisfaction as Intervening Variable in PT. Nano Coating Indonesia.

International Journal of Business and Applied Social Science (IJBASS). VOL: 4, ISSUE:

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit

Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy., dan Chandra, G. 2016. Service, Quality, and Satisfaction. Ed.3. Yogyakarta:

ANDI OFFSET.

Published

2025-10-03