FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN MIXUE DI BANDAR LAMPUNG
Pengaruh kualitas layanan, citra merek, dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen mixue di bandar lampung
DOI:
https://doi.org/10.0120/jkb.v3i3.417Keywords:
Citra Merek, Kepuasan Konsumen, Mixue Ice Cream & Tea, Persepsi Harga, Kualitas LayananAbstract
ABSTRAK
PENGARUHKUALITASLAYANAN,PERSEPSIHARGA,DANCITRAMEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Oleh:
MUHAMMADFIKRIANSYAHFENANPUTRA
Persaingan bisnis di sektor Food and Beverages (F&B) memerlukan strategi yangefektifuntukmeningkatkankepuasanpelanggan.Penelitianinibertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Mixue Ice Cream & Tea, Bandar Lampung. Fokus penelitian ini adalah pada tiga variabel independen: kualitas layanan, persepsi harga, dan citra merek, serta satu variabel dependen: kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan kuesioner yang menggunakanskalaLikert.DatadianalisismenggunakanIBM®SPSSStatistics Versi 23. Hasil analisismenunjukkan bahwa kualitas layanan dan citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sebaliknya, persepsi harga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggandengannilaithitungsebesar1.570,lebihkecildarittabel1.984dan signifikansi 0,120. Uji F menghasilkan nilai F hitung sebesar 98.155 dengan tingkat signifikansi 0,000, lebih besar dari F tabel 2.696, yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen secara signifikan mempengaruhikepuasanpelanggan.Koefisiendeterminasi(R²)menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 74.6%, sementara sisanya 25.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Mixue Ice Cream & Tea.
Downloads
References
Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1).
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Galuh Adrianto, N. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Pengguna Telkomsel Prabayar di Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG . 1–23.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono, A. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan konsumen Dalam Membentuk Loyalitas Konsumen Di Restoran the Naked Crab Surabaya. Encyclopedia of Systems Biology, 1646–1646.
Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239
Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. In e – Jurnal Riset Manajemen.
Kotler, & Amstrong. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). “Marketing Management”. New Jersey: Pearson Prectice Hall.
Kusdiana, Y. (2023). Keputusan Pembelian: Label Halal, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Kfc Giant Pekanbaru). Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.59066/jmae.v2i2.403
Liliani, P. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA PADA BEHAVIORAL INTENTION RESTORAN TOP YAMMIE. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 18–48. https://doi.org/10.52859/jbm.v8i2.85
Lubis, D. I., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman , Vol 5, No 1, pp 15-24.
Masfufah, N., & Soebiantoro, U. (2021). Pengaruh citra merek dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen. FORUM EKONOMI, 23(4), 765–772. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10127
Maulana, Ade Syarif. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan konsumen PT. Toi. Jurnal : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta, Volume 7, Nomor 2, Hlm.117.
Mustika, M., A., C., Suwarni, E., & Anggarini, D., R. Pengaruh Costumer Experience dan Variasi produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream and Tea Di Kota Bandar Lampung. SMART: Strategy of Management & Accounting through Research & Technology, 2(2): 35-46.
Rahayu, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 2(1), 109–113. https://doi.org/10.47233/jppisb.v2i1.705
Rismawati, A. S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadadp Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Steak & Shake Melati Pekanbaru. JOM FISIP, Vol.5,No.1, 1–11.
Rusmahafi, Fikri Aulawi., & Wulandari, Ririn. (2020). The Effect of Brand Image, Service Quality, and Customer Value on Customer Satisfaction. International Review of Management and Marketing, 10(4), 68-77, ISSN: 2146-4405
Saladin, Djaslim .(2003). Intisari Pemasaran. Penerbit Linda Karya, Bandung.
Sanjaya, T., & Hastoko, Y. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan konsumen Pada Restoran Pizza Hut Komsen Jatiasih Bekasi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol.1,No.5(ISSN : 2829-7466), 317–330.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sutomo, Reza, B., & Kesturi, R. C. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Pada Produk Minuman Waralaba Terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL LOCUS: Penelitian & Pengabdian, Vol.1,No.5(ISSN : 2829-733), terhadap Keputusan Pembelian IPhone di Kota Semarang.
Tamrin, M., Tukinah, U., & Putri, D. A. (2024). Determinan Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. CAPITAL, 6(1), 116–136.
Tiefani, & Saputra, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Pt Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal EMBA, 8(1), 2095–2105.
Tifany, & Rustam, T. A. (2023). Pengaruh Persepsi dan Perilaku Konsumen terhadap Kepuasan konsumen di PT. Brani Lintas Samudera. Journal of Management & Business, 6(2), 216–230.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta.
Yulianto, A. R., Subariyanti, H., & Wardhana, A. K. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL EKONOMI, 22(2), 165–177. https://doi.org/10.37721/je.v22i2.648
Zahra, S. R., Nainggolan, G. A. V., Nehe, E., Tarigan, J. J., Situmorang, D. F., Manalu, D. I., Afrisa, M. R., Simamora, J., & Nainggolan, G. H. (2024). Pengaruh Brand Image, Cita Rasa, Persepsi harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 2(2), 339–347.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fikriansyah Fenan Putra, Nur Efendi, Winda Septiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk ceramah dan buku,Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebutHak untuk masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini