POLA PEMBELIAN ULANG KOMUNITAS HILO YANG DIMEDIASI OLEH COMMUNITY MARKETING YANG DIPENGARUHI OLEH BRAND IMAGE DAN POSITIONING

Authors

  • Salsabila Afsari Dirham student
  • Hartono Hartono Universitas Lampung
  • Prasetya Nugeraha Universitas Lampung

Keywords:

Brand Image, Positioning, Pembelian Ulang, Community Marketing

Abstract

Pembelian ulang menjadi salah satu tujuan perusahaan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh brand image dan positioning terhadap pembelian ulang yang dimediasi oleh community marketing pada produk HiLo. Penelitian ini penting karena HiLo aktif berkolaborasi dengan komunitas olahraga untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.  Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Explonatory Research dan menggunakan analisis Struktural Equation Modeling (SEM). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 88 responden yang merupakan komunitas yang telah berkolaborasi dengan HiLo. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan metode Struktural Equation Modeling  (SEM). Hasil penelitian mencakup peran mediasi community marketing dalam hubungan antara brand image dan positioning terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh positif namun memiliki nilai yang rendah, pengaruh brand image terhadap community marketing yang tidak signifikan, positioning terhadap community marketing memiliki pengaruh yang siginfikan, community marketing terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh yang tidak signifikan, brand image terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh yang tidak signifikan, positioning terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh yang tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaston, I., & Mangles, T. (2001b). E-Commerce And Small UK Accounting Firms: Influence Of Marketing Style And Orientation. The Service Industries Journal, 21(4), 83–99. Https://Doi.Org/10.1080/714005049
Dirwan, D. (2022). Effect Of Promotion, Positioning And Brand Image On Samsung Smartphone Purchase Decisions. Point Of View Research Management, 3(1), 14-29.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.
Kusdyah, I. (2012). PERSEPSI HARGA, PERSEPSI MEREK, PERSEPSI NILAI, DAN KEINGINAN PEMBELIAN ULANG JASA CLINIC KESEHATAN (STUDI KASUS ERHA CLINIC SURABAYA). Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.7.4.25-32
Multi-Modal Gender Identification System For Social Media Users. Multimedia Tools And Applications, 81(19), 27033–27055. Https://Doi.Org/10.1007/S11042-021-11256-6
Muniz, A. M., & O’guinn, T. C. (2001). Brand Community. Journal Of Consumer Research, 27(4), 412–432. Https://Doi.Org/10.1086/319618
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Pang, H. (2021). Identifying Associations Between Mobile Social Media Users’ Perceived Values, Attitude, Satisfaction, And Ewom Engagement: The Moderating Role Of Affective Factors. Telematics And Informatics, 59, 101561. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tele.2020.101561
Prabowo, H., Astuti, W., & Respati, H. (2020). Effect Of Service Quality And Brand Image On Repurchase Intention Through Word Of Mouth At Budget Hotels Airy Rooms. Open Journal Of Business And Management, 08(01), 194–207. Https://Doi.Org/10.4236/Ojbm.2020.81012
Ries, A., & Trout, J. (2001). Positioning: The Battle For Your Mind.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Suman, C., Chaudhary, R. S., Saha, S., & Bhattacharyya, P. (2022). An Attention Based
Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran
Wulandari, G. A. (2015). Komunitas Sebagai Peluang Baru Pemasaran Sosial. Jurnal ISEI. 5(1).
Yoshioka-Kobayashi, T., Miyanoshita, T., & Kanama, D. (2020). Revisiting Incremental Product Innovations In The Food-Manufacturing Industry: An Empirical Study On The Effect Of Intellectual Property Rights. Journal Of Economic Structures, 9(1). https://Doi.Org/10.1186/S40008-020-00213

Published

2025-04-08