ANALISIS PORTOPOLIO MENGGUNAKAN MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Umum Lampung)
Keywords:
Kata Kunci: Portopolio Produk, Matriks Boston Consulting Group (BCG), dan Manajemen Strategi.Abstract
Perusahaan asuransi umum dituntut mencari strategi manajemen yang dapat diterapkan agar dapat bersaing
dengan para kompetitor lain. Salah satu perusahaan asuransi umum yang ada di kota Bandar Lampung yakni
perusahaan asuransi BUMIDA. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks Boston
Consulting Group(BCG). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana posisi masing-masing
produk BUMIDA dan bagaimana strategi yang tepat serta dapat digunakan oleh BUMIDA untuk masingmasing produknya menggunakan matriks Boston Consulting Group.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan merumuskan posisi produk BUMIDA dan strategi yang dapat digunakan. Metode penelitian
ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat enam produk yang menempati
kuadran I, empat produk yang menempati kuadran II, satu produk yang menempati kuadran IV, dan tidak ada
produk BUMIDA yang menempati kuadran III. Strategi yang dapat dilakukan BUMIDA adalah : 1)strategi
Build, 2)strategi Hold, 3)strategi Harvest, 4)strategi Divest.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk ceramah dan buku,Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebutHak untuk masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini