ANALISIS SWOT STRATEGI BERSAING LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE

Authors

  • Alvian Ramadhan Universitas Lampung
  • Maulana Agung Pratama
  • Hani Damayanti Aprilia

DOI:

https://doi.org/10.0120/jkb.v3i3.214

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi, Transportasi Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi perusahaan, serta merumuskan alternatif strategi bersaing yang efektif untuk diterapkan pada perusahaan dalam menghadapi persaingan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pengambilan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh diolah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah (1) memperluas jaringan usaha untuk memperoleh investor yang dapat membantu memajukan bisnis transportasi online UStreet. (2) mempertahankan harga dengan harga terjangkau adalah strategi yang harus dipertahankan oleh UStreet. (3) mobilitas masyarakat yang setiap waktunya terus meningkat, setiap orang membutuhkan transportasi dalam berbagai kegiatannya mendorong kebutuhan dan transportasi online merupakan sebuah alternatif untuk mempelancar aktivitas sehari-hari. Perusahaan harus melakukan usaha untuk menarik minat konsumen menggunakan atau membeli jasanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). Analisis perkembangan industri transportasi online di era inovasi disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 149-156.

David, F. R. (2012). Manajemen strategis konsep [Strategic management concepts]. Salemba Empat. Jakarta.

Koentjaraningrat, K. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, E. P. (2011). Pemasaran Strategik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pearce, J. (2008). A. dan Robinson, Richard B. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Published

2025-10-03