ANALISIS SWOT STRATEGI BERSAING LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.0120/jkb.v3i3.214Keywords:
Analisis SWOT, Strategi, Transportasi OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi perusahaan, serta merumuskan alternatif strategi bersaing yang efektif untuk diterapkan pada perusahaan dalam menghadapi persaingan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pengambilan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh diolah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah (1) memperluas jaringan usaha untuk memperoleh investor yang dapat membantu memajukan bisnis transportasi online UStreet. (2) mempertahankan harga dengan harga terjangkau adalah strategi yang harus dipertahankan oleh UStreet. (3) mobilitas masyarakat yang setiap waktunya terus meningkat, setiap orang membutuhkan transportasi dalam berbagai kegiatannya mendorong kebutuhan dan transportasi online merupakan sebuah alternatif untuk mempelancar aktivitas sehari-hari. Perusahaan harus melakukan usaha untuk menarik minat konsumen menggunakan atau membeli jasanya.
Downloads
References
Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). Analisis perkembangan industri transportasi online di era inovasi disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 149-156.
David, F. R. (2012). Manajemen strategis konsep [Strategic management concepts]. Salemba Empat. Jakarta.
Koentjaraningrat, K. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Lestari, E. P. (2011). Pemasaran Strategik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pearce, J. (2008). A. dan Robinson, Richard B. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian.
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alvian Ramadhan, Maulana Agung Pratama, Hani Damayanti Aprilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk ceramah dan buku,Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebutHak untuk masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini