PENGARUH TOTAL PENJUALAN, BIAYA IKLAN, DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KECANTIKAN DAN KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.0120/jkb.v3i3.405Keywords:
Total Penjualan, Biaya Iklan, Biaya Produksi, Profitabilitas (Net Profit Margin)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total penjualan, biaya iklan, dan biaya produksi terhadap profitabilitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan sub sektor kecantikan dan kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan waktu pengamatan selama tahun 2019-2023, yang dimana berjumlah 50 unit analisis. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel melalui EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, total penjualan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan, variabel biaya iklan dan biaya produksi berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel total penjualan, biaya iklan, dan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap proftabilitas.
Downloads
References
Andini, N. S. (2024). Memanfaatkan Data untuk Dominasi Pasar: Studi Kasus Shopee di Industri Beauty & Care. Diakses pada 29 November 2024, dari https://compas.co.id/article/sudi-kasus-shopee-di-pasar-beautycare/
Haryanti, E., & Rijanto, R. (2024). Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih pada PT . Indofood Sukses Makmur Tbk. 2(3), 375–386.
Hery. (2021). Analisis Laporan Keuangan: Intergrated and Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo.
IKM.Kemenperin.go.id. (2024). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. Diakses pada 27 November 2024, dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk-berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus-pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-penguatan-blue-economy
IKM.Kemenperin.go.id. (2024). Prospek Cerah IKM Kosmetik Lokal, Siap Maksimalkan Pasar Dalam dan Luar Negeri. Diakses pada 27 November 2024, dari https://ikm.kemenperin.go.id/prospek-cerah-ikm-kosmetik-lokal-siap-maksimalkan-pasar-dalam-dan-luar-negeri
Indrayani, I., Gani, A., Mursidah, M., & Yunina, Y. (2022). The Effect of Sales, Production Costs, Total Debt and Working Capital on Net Profit of Manufacturing Companies Pharmaceutical Sub Sector. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 2(3), 399–412. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v2i3.140
Jannah A. R., Sulistyo, & Yogivaria, D. W. (2021). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Operasional, Struktur Modal, dan Likuiditas terhadap Profitabilitas. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.21067/jrma.v8i2.5234
Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenadamedia. 348 hlm.
Khilda, F. N. (2023). Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Net Profit Margin terhadap Return Saham pada Perusahaan Fast Moving Customer Goods yang Terdaftar di ISSI Periode 2018-2021 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Kompas.com. (2024). Pendapatan Industri Kecantikan Indonesia Tembus 9,17 Miliar Dollar AS pada 2024. Diakses pada 29 November 2024, dari https://lifestyle.kompas.com/read/2024/11/29/203735820/pendapatan-industri-kecantikan-indonesia-tembus-917-miliar-dollar-as-pada
Makalalag, A., & Ilat, V. (2023). The Effect of Production Costs, Marketing Costs and Quality Costs on Net Profit (Study of Food and Beverage Subsector Manufacturing Companies Listed on the Idx in 2018-2020). Walandow 71 Jurnal EMBA, 11(3), 71–81.
Mileneo, M. F. (2024). Industri Kosmetik Lokal Kian Meroket, Pertumbuhan Tembus Angka 48 Persen. Diakses pada 28 November 2024, dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/08/22/industri-kosmetik-lokal-kian-meroket-pertumbuhan-tembus-angka-48-persen
Mulyanti, D., & Desviranti, A. (2020). Peran Net Profit Margin dalam Menilai Kinerja Keuangan. Jurnal Financia: Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 9-17.
Rahmawati, R., Helmiati, H., & Intan Pahlewi, A. (2024). Pengaruh Penjualan, Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Pajak Penghasilan terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi pada BEI 2019-2022. Jurnal Akuntansi dan Teknologi Keuangan, 2(2), 131–136. https://doi.org/10.56854/atk.v2i2.314
Rosully, W. D. (2023). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Universitas Bhayangkara Surabaya.
Rozi, A., & Bahri, S. (2024). Pengaruh Biaya Operasional, Biaya Produksi dan Penjualan terhadap Laba Bersih. RISTANSI: Riset Akuntansi, 4(2), 176–189. https://doi.org/10.32815/ristansi.v4i2.2017.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Ke-2). Bandung: ALFABETA. 334 hlm.
Suyudi, M., Novifa, R. I., & Amiruddin. (2024). Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di BEI menggunakan Du Pont System. Jurnal EKSIS: Ekonomi, Sosial, dan Bisnis, 20(1), 1–17.
Tusifakh, N. (2024). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusahaan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT Mustika Ratu Tbk Tahun 2015-2022) [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32526%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/32526/1/BAB 1 2 DAPUS.pdf
Yusuf, M., Sutrisno, S., Putri, P. A. N., Asir, M., & Cakranegara, P. A. (2024). Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review. Jurnal Darma Agung, 30(3), 505. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.226
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khauliyah Risa Rahmani, Mediya Destalia, Jamingatun Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk ceramah dan buku,Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebutHak untuk masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini