Faktor-Faktor Yang Mendorong Wanita Berwirausaha (Studi Pada Warung Makan di Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong wanita berwirausaha di Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 wanita wirausaha di Kecamatan Kotabumi, dengan metode probability sampling. Metode analisis data menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) merupakan analisis multivariate yang menguji struktur dan data yang saling berhubungan dengan kesamaan variabel atau dimensi komponen meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis komunaliti, uji korelasi dan kelayakan variabel, uji Measure of Sampling Adequancy (MSA), ekstraksi faktor, matriks rotasi faktor, penamaan faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mendorong wanita berwirausaha pada warung makan di Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara. Faktor yang mendorong wanita berwirausaha adalah keyakinan diri, toleransi risiko, emosional, kebutuhan prestasi, dan pengalaman.
Kata Kunci : Faktor Pendorong Wanita Berwirausaha, Keyakinan Diri, Toleransi Risiko, Emosional, Pemberdayaan Diri, Pengalaman
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk ceramah dan buku,Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebutHak untuk masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini